Rabu, 20 Juni 2012

perawatan software komputer

1.Disk Clean Up
Adalah tool yang di gunakan untuk menghapus file – file temporary, compressed file dan file system yang sudah tidak di gunakan lagi.
Tool ini akan otmatis menghilangkan nya dari drive yang kita clean, sehingga free space pada harddisk akan meningkat.
Cara melakukan disk clean up adalah :
*Klik kanan drive yang akan di clean Properties lalu klik disk clean up centang semua option Ok
2.ScanDisk
Adalah tool yang di gunakan untuk memeriksa struktur file system table alkasi file ( file allocation table ) dan untuk mengetahui ada atau tidaknya “ Bad Sector ”. Scandisk akan berjalan dengan otomatis setiap start jika computer tidak di matikan dengan benar.
3.Antivirus
Adalah sebuah jenis perangkat lunak yang di gunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus computer dari system computer. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah system computer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya perangkat lunak ini berjalan di latar belakang ( backgroun ) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang di akses ( di buka, modifikasi, atau ketika di simpan ).
Beberapa contoh Antivirus:
1.Avira             4.Kaspersky
2.Ansav           5.Smadav
3.AVG            6.PC Mav, dll.
4.Tune Up Utility
Merupakan salah satu software tambahan yang dapat di gunakan dalam perawatan PC. Dalam software ini, selain menu untuk melakukan disk defragmenter juga terdapat menu untuk mendeteksi pada registry sekaligus perbaikan.
5.Defragmenter
Adalah tool yang d gunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file, sehingga dapat mengurangi fragmentasi sebuah space hardisk. Disk Defragmenter sebaiknya di lakukan secara berkala.
Cara melakukan Defragmenter adalah :                                                                                                         * Start → All Programs → Accessories → System tool → disk defragmenter.
6.Format harddisk
Pemformatan terhadap harddisk di perlakukan untuk memperbaiki dan membersihkan ruang pada harddisk. Pemformatan di lakukan menggunakan software yang di sesuaikan dngan merk harddisk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TWITTER

Menu

Recent Post